Selasa, 15 Oktober 2013

Menjelajah Jawa Bersama Chevrolet Spin 1.5 LTZ Bensin





Bisa dibilang keluarga saya memiliki mindset mobil untuk berlibur adalah Multi Purpose Vehicle (MPV). Tetapi memang begitu adanya, keluarga saya selalu membutuhkan ruang untuk menempatkan barang bawaan yang cukup banyak dan posisi duduk yang nyaman untuk perjalanan jauh.

Terpilihlah mobil MPV keluarga yaitu Chevrolet Spin 1.5 LTZ yang dirasa cocok untuk menemani liburan keluarga saya tahun ini. Lokasi tujuan kami tahun ini adalah Magelang, Jawa Tengah dan dilanjutkan ke Jombang, Jawa Timur.
Walau pun hanya beranggotakan 4 orang, barang bawaan selalu menjadi momok tiap tahunnya. Makanya Spin adalah pilihan tepat. Kursi baris ketiga dilipat agar dapat memperbesar ruang bagasi barang hingga cukup menampung semua barang bawaan. Empat tas berukuran besar dan 3 tas ukuran kecil dengan mudah masuk ke bagasi. Sayang kursi baris kedua tidak dapat maju mundur dan berefek pada ruang kaki penumpang yang terbatas.
Perjalanan Holiday Test Drive (HTD) kami mulai dengan mengambil jalur selatan pulau Jawa menjadi medan pengujian performa Spin. Posisi mengemudi Spin cukup memuaskan saya ketika melewati ruas tol Cikampek sehingga tidak terasa melelahkan. Mesin 1.485 cc 4 silinder 106 dk terasa memadai untuk melaju cepat. Sebab saat kami mulai berangkat malam hari, lalu lintas masih bersahabat.
Transmisi otomatis 6 percepatan Spin teruji di ruas tol Purbaleunyi. Di saat jalan menanjak saya pindahkan posisi transmisi ke mode M (manual) dengan tujuan mendapatkan putaran mesin yang saya inginkan. Perpindahan transmisi Spin cukup halus sehingga para penumpang tetap merasa nyaman. Melewati kawasan Nagrek yang berkelok, Spin memberikan keyakinan yang baik bagi pengemudi. Perjalanan menuju Magelang ditempuh dalam 16 jam.
Setelah bersilaturahmi dengan sanak saudara di Magelang, saya segera meneruskan perjalanan ke Jombang. Ruas jalan antara Sragen hingga Madiun memiliki karakter jalan bergelombang. Namun hal itu tidak menjadi masalah sebab suspensi Spin bekerja dengan lembut. Andai saja dipadu jok yang empuk, perjalanan kami akan jauh lebih nyaman. Wisata herbal di jalan Kaliurang, Yogyakarta menjadi tujuan kami berikutnya. Menikmati sejuknya pegunungan sambil mencoba jamu dari tumbuh-tumbuhan herbal memang jarang dilakukan. Kombinasi ini menjadi istimewa bagi kami, menikmati perjalanan bersama keluarga sekaligus menikmati Spin 1.5 LTZ sebagai MPV yang pas untuk kami berlibur. 
Mematikan AC
Ketika malam tiba suhu luar sudah mulai rendah. Kondisi ini bisa saya manfaatkan dengan mematikan AC. Kompresor AC yang tak bekerja akan meringankan kinerja mesin, sehingga bisa mengoptimalkan penghematan bahan bakar.
Tak hanya itu, ketika AC dimatikan secara bersamaan saya juga membuka kaca. Saat kaca dibuka inilah terbuka kesempatan untuk udara bersirkulasi. Jadi manfaatnya selain menghemat bahan bakar, udara dan suasana di kabin pun bisa segar kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar